September 21, 2014

Macro Photography

Apa kabar para sobat EP ?  Semoga dalam keadaan sehat semua. dalam kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai macro photography atau fotografi makro. fotografi makro adalah teknik fotografi yang mengcapture benda/binatang yang kecil yang kadang-kadang tidak bisa kita bayangkan sebelumnya. contohnya pernah ada fotografer yang menfoto mata dari lalat, dan hasilnya sangat di luar dugaan. kali ini saya akan EP akan sharing mengenai teknik dasar dalam melakukan foto macro.

Pertama yang perlu di perhatikan adalah, bukaan lensa atau F, karena kita ingin semua bidang foto dapat tertangkap dengan jelas di kamera tanpa adanya bagian yang blur, maka gunakanlah bukaan kecil di kamera, contoh 7.1, 11 dll.apabila kita menggunakan bukaan kecil, maka ada bagian yang tidak akan tertangkap kamera dengan detail, hal ini tergantung selera pada Sobat.

Nikon D3100 + AFS 18 - 55 + Close UP Filter + YN Flash
Contoh foto diatas saya foto dengan bukaan F 10, kita masih bisa mendapatkan detail yang bagus di bagian bunga dengan backgroud yang blur.

Selanjutnya yang perlu di perhatikan adalah, kecepatan rana, apabila memfoto binatang yang sering bergerak, ada baiknya gunakan kecepatan di atas 1/60. foto diatas ini saya foto dengan kecepatan rana 1/80, dikarenakan saya ingin mengdapatkan gambar semutnya.

Hal terakhir yang perlu di perhatikan adalah cahaya, lagi- lagi cahaya harus benar-benar diperhatikan, saya selalu menggunakan bantuan 1 flash external dengan teknik mata ikan, dengan mengaktifkan flash internal kamera dan di koneksikan dengan flash external. mengapa ini diperlukan, apabila kita hanya menggunakan arah cahaya dari 1 arah, maka tidak akan di dapatkan efek 3 dimensi dari objek yang di foto. akan tetapi apabila kita menggunakan 2 flash (depan dan belakang) maka efek foto akan terlihat lebih berbentuk dan 3 dimensi, dan tidak ada daerah yang gelap.
demikian sharing dari EP, semoga bermanfaat buat Sobat semua.

keep Jepret.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar