Januari 06, 2017

"sukai apa yang kamu miliki, jangan miliki apa yang kamu sukai"

Perumpamaan di judul di atas sering sekali mengusik saya, banyak sekali para Fotografer pemula yang memaksakan untuk membeli peralatan forografi yang secara financial memang dia belum mampu, contohnya seorang yang baru memiliki kamera ingin membeli Lensa Prime yang harganya bisa 3 bahkan 5 kali dari harga kameranya, apabila memiliki dana yang berlimpah tentu tidak masalah, yang jadi masalah adalah ketika dana tidak mencukupi sehingga ketika tahap belajar juga tidak bisa maksimal karena selalu menganggap gear yang di punyai tidak bisa mendukung, Itu salah besar menurut saya pribadi, seperti judul di atas, "Sukai apa yang kamu miliki, jangan miliki apa yang kamu sukai" karena terkadang kita tidak bisa memiliki, seperti kata pujangga mencintai tidak harus memilik. :D

Ok lanjut, saya hanya ingin berbagi dengan teman-teman sesama pemula, karena bagi saya belajar itu tidak ada batasnya ketika proses belajar itu maka kita di sebut pemula. saya akan berbagi beberapa tips untuk belajar bagi semua.

1. Jangan Malu Bertanya

Ini adalah Prinsip dasar dari Belajar, jangan pernah malu bertanya, apalagi bagi saya yang sama sekali tidak pernah menempuh pendidikan mengenai fotografi, maka media yang paling bisa di andalkan ada bertanya, kita bisa bergabung dengan forum atau grup fotografi, memang terkadang kita sebagai pemula bertanya hal-hal yang sangat dasar, Contoh, "Bagaimana sih bikin Foto yang Bokeh ? " hal ini bagi seorang Pro mungkin akan sangat malas menjawabnya, ada yang menjawab dengan sinis, dan tidak sedikit juga yang mau berbagi ilmu dengan senang hati, dan saya sangat beruntung banyak menemukan senior-senior yang sangat baik hati mau berbagi ilmu untuk saya yang hina ini. hehehe

2. Maksimalkan apa yang kamu punya

Kalau kamu hanya mempunyai Kamera Entry Level dengan Lensa Kit, maka maksimalkan itu, bahkan apabila kamu hanya punya kamera Smartphone, maksimalkan itu, sudah banyak Smartphone yang bisa menghasilkan foto yang bagus, intinya adalah intuisi kamu dalam memotret, bagaimana kamu bisa menangkap moment, komposisi yang enak dilihat, dan teknik yang kamu gunakan. ini sangat penting karena ketika kamu sudah bisa memaksimalkan apa yang kamu punyai, maka kamu sudah siap untuk naik kelas.

3. Jangan pernah merasa puas

Ini yang sangat saya tekankan kepada kita semua, termasuk kepada saya sendiri, jangan pernah merasa puas dengan hasil foto yang kita hasilkan. selalu kejar lebih dan lebih karena ini ada dorongan untuk belajar lebih giat lagi. Karena ketika kita merasa puas, kita akan berada di zona nyaman yang akan susah kita tinggalkan, jadi agar kita tetap berkembang, maka jangan pernah merasa puas. 

4. Banyak Melihat

Perbanyaklah Referensi untuk memotret, contohnya kamu bisa gabung ke forum-forum yang gratis misalnya Fotogrefer.net, NikonTeam dan lain sebagainya, karena disana banyak sekali referensi yang bisa di dapatkan, contoh untuk saya sendiri yang memang lebih menyukai fotografi Landscape sangat susah ketika di minta untuk foto manusia, akhirnya referensi komposisi dari forum-forum ini sangat membantu saya.

Tetap belajar, jangan pernah berhenti karena hidup adalah proses belajar, apabila ada yang ingin teman-teman tanyakan ke saya, silahkan email ke eddy230489@gmail.com, saya akan dengan senang hati berbagi semampu saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar