Oktober 25, 2013

Komposisi dalam Fotografi

Terkadang kita lebih mementingkan faktor teknis di dalam foto, contohnya bukaan, kecepatan dan ISO. teknis dala fotografi hanya ada 3 hal itu. tetapi mengapa ada orang yang menggunakan kamera dan lensa yang sama, bukaan yang sama, iso yang sama, kecepatan yang sama serta lighting yang sama menghasilkan hasil yang berbeda ?..Coba kita perhatikan apa yang berbeda yang foto itu.

Tidak lain adalah Komposisi, setiap fotografer memiliki ciri khas tersendiri dalam meng-capture sebuah gambar, ada yang menyukain bukaan lebar(wide) ada juga yang menyukai Close up, itu semua tergantung selera fotografer.

Dalam menentukan Komposisi, sudah ada panduannya yaitu 3 Garis horizontal dan 3 garis vertikal yang menjadi patokan. contoh foto dibawah ini


Posisi Model Di tengah Frame
 Coba kita perhatikan foto diatas, model saya taruh di tengah frame, jadi frame ini memang di centralkan untuk model ini. sekarang kita perhatikan lagi gambar kedua

Posisi Model berada di samping kiri frame
Foto kedua ini, saya menempatkan model berada di samping kiri frame, pertanyaanya, manakan yang lebih manis komposisinya ?

kembali lagi ke sang fotografer yang meng capture foto, apa yang di inginkan oleh si fotografer, hal terpenting, sebagus apapun sebuah foto di tentukan oleh fotografernya itu sendiri.
keep explore dan keep jepret.\

Edyson Photography

Tidak ada komentar:

Posting Komentar