Desember 30, 2013

Teknik Foto Burung





Pertama-tama EP ingin mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru 2014, tak terasa kita sudah akan memasukin tahun yang baru. 

Pada postingan kali ini, EP akan sedikit sharing mengenai taknik dalam melakukan foto shooting menggunakan objek burung. dalam meng capture foto burung, agak gampang-gampang susah, karena kita harus mendapatkan freeze dan moment yang pas dalam menekan tombol rana.

Gear yang dibutuhkan untuk menunjang aktifitas ini adalah, anda harus mempunya kamera, dan saya menyarankan agar menggunakan lensa tele zoom, bisa menggunakan 55-200,55-300, 70-200, 70-300 dan beberapa lensa yang memang memeliki zoom yang mumpuni. Kalau kita sering menonton national geography, lensa-lensa yang digunakan dalam meng capture foto burung adalah lensa yang lebih besar daripada termos, biasanya mereka menggunakan lensa dengan maximun panjang 400 mm.

Nikon-AF-S-NIKKOR-200-400mm-f4G-ED
 
 Tapi sekarang saya tidak akan menggunakan lensa yang seharga mobil ini, saya hanya menggunakan lensa Tamron 70-300 Macro, lensa yang seharga 1.3 juta untuk new nya.



tips dari EP untuk meng capture foto burung adalah,

- gunakan speed maksimal yang bisa kita dapatkan, usahakan gunakan speed di atas 1/100, apabila tidak memungkinkan, gunakan tripod.
- ISO bisa gunakan di rentang 100 - 800
- karena menggunakan Lensa tele zoom, maka kita akan lebih leluasa dalam menemukan komposisi yang di inginkan, coba explore komposisi yang tidak biasa.
- untuk bukaan, itu tergantung pada selera kita, apakah kita akan membuat sudut ketajaman sempit atau lebar.

beberapa foto yang saya hasilkan dengan Nikon D3100 + Tamron 70-300 Macro 







Sekian dulu sharing dari EP, selamat mencoba, apabila ada yang kurang jelas, bisa langsung email ke EP.


Selamat mencoba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar