April 21, 2014

Teknik Lighting Strobist

Teknik strobist sepertinya memang sedang menjadi tren di kalangan pencinta fotografi, hal ini mungkin dikarenakan alat yang digunakan simple dan mudah untuk di bawa, sehingga sangat membantu untuk dibawa kemana-mana.

Apa itu strobist ? mungkin ada sobat EP yang masih bertanya, strobist itu adalah teknik lighting menggunakan flash yang di pasang off shoe, atau tidak menempel pada kamera, bisa menggunakan trigger atau menggunakan mata kucing,saya tidak akan banyak membahas mengenai dasar-dasar teknik strobist, disini akan sharing beberapa foto yang menggunakan strobist,

Banyak kalangan profesional yang menggunakan teknik ini, kecuali sobat membutuhkan kekuatan cahaya yang besar, saya sarankan untuk tidak menggunakan strobist, karena bagaimanapun, cover cahaya dari flash tidak terlalu besar, gunakanlah peralatan studio untuk mengcover daerah yang luas.
Menggunakan 1 flash
 Pada foto diatas, saya mengambil dengan mode potrait agar terlihat dimensi yang sempit untuk foto tersebut, saya hanya melakukan retouch menjadi hitam putih saja, flash, saya tempatkan di samping kiri atas FG, mengapa saya tempatkan agak tinggi ? agar teralis background tetap terlihat dan objek juga masih terlihat terang.
Menggunakan 1 flash
Difoto kedua ini, saya sengaja menaikkan GN dari flash YN 570 yang saya gunakan ini karena saya melakukan foto dengan landscape, sehingga daerah akan lebih luas dan flash saya tempatkan agak kebawah agar mendapatkan tekstur bayangan dari model.
mood dari sebuah foto, sangat ditentukan oleh arah datangnya cahaya, kita akan menempatkan dimana arah datangnya cahaya akan mempengaruhi tekstur yang akan di hasilkan dari apa yang kita potret. semua foto diatas saya ambil menggunakan Nikon 3100 + Kit lens 18-55. alat hanya pembantu kita, akan tetapi untuk menghasilkan sebuah karya yang bagus, kita sendiri yang menentukan, dan Hoki.

keep jepret,
Edyson Photography

Tidak ada komentar:

Posting Komentar