Juni 10, 2013

Landscape Photography

    Landscape, begitu mendengarkan kata-kata ini, pasti yang ada di benak rekan-rekan adalah pemandangan yang luas dan "WAH", dan yang pasti menggunakan lensa Wide/Ultra Wide. akan tetapi tidak semua foto landscape harus menggunakan Lensa Wide/Super Wide.
     Landscape adalah suatu aliran dalam fotografi yang mengcapture semua yang berhubungan dengan keindahan alam, waktu yang banyak di gunakan oleh FG untuk mengambil foto LS adalah ketika sunrise dan sunset, karena langit menghasilkan gradasi warna yang sangat memukau. untuk memfoto di waktu tersebut, biasanya kita menggunakan Slow Speed, karena memang cahaya yang ada sangat terbatas. saya biasanya menggunakan di bawah 15 detik, dan di bawah 20 detik untuk foto di pantai. karena deburan ombak air akan menghasilkan aliran halus yang dramatis.


    Foto diatas saya ambil di Pulau Pari, dimana sekitar jam 6. pertanyaannya, mengapa saya menggunakan Speed 1.3 detik ? karena matahari sudah sangat terang dan tidak memungkinkan bermain dengan slow speed, saya sudah menambahkan ND 8, tetapi tidak cukup menolong. jadi usahakan jangan bangun kesiangan kalau ingin memfoto sunrise ya. :D.

Tidak selamanya Foto LS harus berwarna, bisa juga kita menggunakan BW untuk sebuah foto LS untuk mendapatkan hasil yang dramatis. foto di atas mengapa saya buat menjadi BW ? karena banyak sampah warna-warni. kalau saya paksakan dengan warna justru warna-warni sampah akan sangat mengganggu. foto di atas saya menggunakan FL 8 mm, dari lensa sigma 8-16. hal yang saya suka dari lensa wide adalah foto yang di hasilkan lebih dramatis. coba perhatikan awannya.

Pernah Terbayangkan, foto landscape dengan lensa Fix ? saya pernah mencoba menggunakan lensa fix 50 mm untuk memfoto landscape city light kota bandung dari atas bukit moko, hasilnya tidak terlalu buruk, yang menjadi kendala adalah FL nya yang sudah pakem, jadi kita harus maju mundur untuk mendapatkan komposisi yang kita inginkan.


    Foto diatas menggunakan lensa Fix 50 mm 1.8 G


Peralatan yang disarankan untuk Fotografi Landscape :

- Kamera (Harus yang ini)
- Tripod ( Wajib juga )
- Filter CPL
- Filter GND
- Lensa ( yang ada aja ya)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar