April 07, 2013

Slow Speed (SS) Photography

Hay Teman-temen penghoby foto, uda lama gk sharing ilmu tentang fotografi, sekarang saya ingin share tentang slow speed Photography, yang kalo di indonesiakan sama aja artinya dengan fotografi kecepatan rendah.

Nah, untuk memfoto di tempat yang kurang cahaya atau gelap, sistem metering di kamera akan bekerja membuat kecepatan berkurang agar bisa menangkap objek yang berada di area gelap, yang jadi persoalan adalah sangat rentan terjadi goncangan/shake ketika menggunakan kecepatan rendah. karena kamera akan terbuka lebih lama untuk mengumpulkan cahaya yang akan menghasilkan foto.

Teknik slow speed sendiri artinya memotret dengan kecepatan shutter yang lama, teknik ini digunakan untuk menghasilkan foto di tempat yang kurang cahaya, atau foto yang terkesana bergerak.

contoh :





Perhatikan lampu mobil yang di belakang, itu tampak seperti bergerak, ini menggunakan kecepatan 1/1, atau 1 detik, apabila di rasa kurang bisa di turunkan lagi speednya.

 Teknik SS juga sangat berguna untuk fotografi landscape, terutama untuk foto sunset dan sunrise, karena cahaya yang minim, kita memerlukan kecepatan shuuter yang lambat, bahkan bisa menggunakan Bulb.
contoh foto landscape




 Demikian sedikit sharing ilmu dari saya yang sangat ringkas, apabila ada yang kurang di mengerti bisa kirim email ke edysonphoto@gmail.com.saya dengan senang hati akan menjawab selagi saya bisa menjawab.




 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar