Juni 04, 2015

Review - Lensa Sigma 10-20mm f/4-5.6 EX DC HSM

Lensa Ultra Wide memang sangat dibutuhkan untuk melakukan pemotretan landscape dan arsitektur, tidak seperti dulu yang mayoritas lensa ultra wide (UW) memiliki harga yang sangat mahal, lensa Nikon 10-24 yang saya review sebelumnya memiliki harga 14 juta untuk barunya. bahkan lebih mahal dari kamera semi pro. tapi saat ini, beberapa pabrikan lensa pihak ketiga sudah mengeluarkan lensa UW yang jauh lebih terjangkau, ada Tamron dengan lensa UW 10-24 yang harganya hanya 4 jutaan dan lensa Sigma 10-20mm f/4-5.6 EX DC HSM seharga 8 jutaan. 

Kali ini saya akan mencoba mereview lensa UW Sigma 10-20mm f/4-5.6 EX DC HSM yang saya gunakan ketika memotret keindahan jogjakarta dengan pantai-pantainya.
Sigma 10-20mm f/4-5.6 EX DC HSM
Dilihat dari fisik, lensa ini memang tidak sekokoh lensa keluaran pabrikan kamera seperti Nikon dan Canon, dan dari berat juga tidak begitu berat. untuk teman-teman yang tidak ingin membawa beban berat bisa menggunkan lensa ini. di sisi auto focus, kecepatan focusnya tidak kalah dengan lensa yang lebih mahal, cepat dan akurat. ketajamannya juga masih terjaga dari bukaan kecil sampai kepada bukaan besar. satu hal yang saya suka dari lensa ini, walaupun memotret di FL 10 MM, distorsi yang di hasilkan hampir tidak terasa. 
Dari segi hasil warna yang di hasilkan, lensa ini menghasilkan warna yang natural. sedikit tips untuk teman-teman, selalu gunakan format RAW ketika melakukan pemotretan, karena akan sangat mempermudah ketika kita melakukan editing di Komputer, warna yang di hasilkan akan lebih mudah di atur. 
balik lagi ke lensa ini, Lensa ini sangat saya rekomendasikan untuk di beli, dilihat dari kualitas gambar yang di hasilkan, kualitas fisik lensa, cocok untuk di pinang. dan menemani teman-teman memotret. di bawah ini beberapa contoh foto yang saya potret dengan lensa ini disandingkan dengan Nikon 3100.

Kalibiru - Jogjakarta

Gondola Rakyat Pantai Timang

Pantai Parangtritis

Karang Pantai Siung

Taman Sari - Jogjakarta
Pantai Pok Tunggal - Jogjakarta

Pantai Siung - Jogjakarta
Demikian sedikit review dari EP, semoga bisa menjadi referensi untuk teman-teman yang sedang mencari lensa UW.
Salam EP

Keep Jepret Sampai Lowbet
Keep Sharing Sampai Kering

(Alm. Ali Topan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar